Kode Iklan Disini

Pengertian Norma Sosial, Ciri-Ciri Dan Fungsinya

Pengertian norma sosial, ciri-ciri dan fungsinya yakni pembahasan utama materi pelajaran sosiologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Apabila berbicara mengenai norma, maka akrab kaitannya dengan aneka macam hukum atau ketentuan yang sifatnya terikat, sedangkan sosial pastinya bekerjasama dengan masyarakat atau orang-orang yang saling berinteraksi dan saling membutuhkan.

Norma sosial merupakan aturan-aturan atau ketentuan yang ada pada suatu masyarakat yang menjadi tolak ukur untuk menilai sesuatu, sehingga masyarakat harus mentaati hukum itu. Pada pembahasan yang akan dijabarkan seputar norma sosial berikut ini, akan dijelaskan beberapa point penting yang diantaranya yakni apa yang dimaksud dengan norma sosial, pengertian norma sosial, definisi norma sosial, arti norma sosial, makna norma sosial dan konsep norma sosial serta ciri-ciri norma sosial, fungsi dan tujuan norma sosial dalam masyarakat.

Pengertian norma sosial

Norma sosial yakni aneka macam aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku didalam suatu masyarakat yang bersifat mengikat, dijadikan sebagai panduan, tatanan dan juga menjadi sebagai dasar tolak ukur untuk menilai sesuatu dan setiap warga masyarakat harus mentaati aturan-aturan dan ketentuan tersebut.

 yakni pembahasan utama materi pelajaran sosiologi yang akan dijelaskan dengan lengkap da Pengertian Norma Sosial, Ciri-Ciri Dan Fungsinya
Norma Sosial

Sehingga dengan adanya norma sosial, maka hal tersebut sifatnya memaksa individu supaya bertindak yang sesuai dengan hukum masyarakat.

Didalam norma sosial, norma dihentikan dilanggar oleh siapa pun dan bagi siapapun yang telah melanggar norma tersebut, maka akan diberikan eksekusi bagi mereka yang melanggarnya. Oleh alasannya yakni itu norma benar-benar harus ditaati dan sifatnya wajib tanpa mengenal siapapun dan pastinya sudah ada konsekuensinya jikalau melanggar.

Norma dalam sosiologi yakni kaidah dan hukum yang sifatnya menyeluruh yang penerapannya melalui lingkungan sosial. Adapun hukuman dari norma berbeda dari budaya maupun adat, sehingga ada ataupun tidaknya norma diperkirakan mempunyai imbas serta efek oleh bagaimana seorang atau individu berperilaku. Norma pastinya akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dengan kesepakatan-kesepakatan sosial pada suatu masyarakat.

Ciri-ciri norma sosial

Dibawah ini merupakan aneka macam ciri-ciri norma sosial yakni diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Umumnya tidak tertulis
Biasanya norma sosial hanya sanggup diingat dan diserap melalui kekerabatan antara anggota kelompok masyarakat yang terkait.
2. Hasil janji masyarakat
Hal ini berarti bahwa seluruh komponen masyarakat telah oke atas peraturan yang telah dibentuk secara tolong-menolong untuk mengarahkan perbuatan setiap anggota kelompok.
3. Warga masyarakat sebagai pendukung ketika menaatinya.
4. Apabila norma dilanggar, maka yang melanggar harus mnghadapi sanksinya. Sanksi akan diberikan kepada siapa saja yang melanggar norma serta tidak memandang tingkatan apapun.
5. Norma sosial terkadang sanggup menyesuaikan perubahan sosial sehingga norma sosial sanggup mengalami perubahan, biasanya perubahan tersebut terjadi seiring dengan perubahan kebutuhan serta kemauan masyarakat yang bersangkutan.

Fungsi norma sosial

Norma sosial termasuk sangatlah penting bagi roda kehidupan manusia, hal tersebut dikarenakan sanggup dijadikan sebagai pedoman bagi masyarakat yang luas. Tujuan norma sosial mempunyai aneka macam fungsi yang diantaranya yakni :

1. Sebagai pedoman dalam masyarakat.
2. Sebagai alat untuk menstabilkan kehidupan sosial dan juga sebagai kontrol sosial dalam masyarakat.

Sehingga dengan adanya norma sosial yang telah diterapkan, maka kita akan menjadi lebih berhati-hati lagi didalam bertindak dalam hal apapun dan dimanapun. Hal itu dikarenakan semoga tidak ada lagi penyimpangan-penyimpangan sosial yang terjadi dalam suatu kehidupan bermasyarakat dan mengatur teladan tingkah laris kita supaya tidak menyimpang kearah yang tidak baik, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Demikian pembahasan mengenai pengertian norma sosial, ciri-ciri dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan sanggup dijadikan tumpuan gosip didalam mengetahui apa itu norma sosial, pengertian norma sosial, ciri-ciri norma sosial beserta fungsi norma sosial.
Buat lebih berguna, kongsi:
close