Kode Iklan Disini

Pengertian Kolaborasi Dan Bentuk-Bentuk Kerja Sama

Pengertian kolaborasi dan bentuk-bentuk kerja sama ialah pembahasan utama bahan pelajaran sosiologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi berguru kelas x sebagai berikut ini. Kerja sama ialah suatu perjuangan secara bersama antar individu atau kelompok dengan tujuan mencapai suatu harapan bersama.

Kerja sama atau dikenal juga kooperasi banyak jenis dan contohnya yang diantaranya ialah kolaborasi antar individu atau perorangan, kolaborasi ekonomi internasional, bilateral, regional dan multilateral. Kerja sama dimungkinkan oleh orientasi individu terhadap kelompoknya dan orientasi individu terhadap kelompok lain.

Pada pembahasan dibawah ini akan dijelaskan seputar kolaborasi yakni yang diantaranya ialah apa pengertian kerja sama, definisi, arti, makna dan konsep kolaborasi berdasarkan para jago serta macam-macam bentuk kerja sama.

 ialah pembahasan utama bahan pelajaran sosiologi yang akan dijelaskan dengan lengkap da Pengertian Kerja Sama Dan Bentuk-Bentuk Kerja Sama
Pengertian Kerja Sama Dan Bentuk-Bentuknya

Pengertian kerja sama

Kerja sama ialah suatu perjuangan bersama antar individu atau kelompok untuk mecapai tujuan bersama. Menurut Charles H. Cooley, kolaborasi timbul apabila seseorang menyadari dirinya mempunyai kepentingan atau tujuan yang sama dengan orang lain. Selain itu ia menyadari bahwa kepentingan tersebut bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain, serta menyadari bahwa mempunyai sebuah pengetahuan dan pengendalian terhadap dirinya sendiri untuk memenuhi kepentingan orang lain.

Terdapat dua sisi kesadaran ini bahwa kepentingan yang sama dan organisasi diri merupakan unsur-unsur yang ada dalam kerja sama. Kerja sama akan menjadi lebih dekat sebab aneka macam ancaman yang sanggup membahayakan dari pihak atau tindakan-tindakan dari pihak luar yang menyinggung kesetiaan yang telah tertanam baik dalam diri seseorang maupun sekelompok orang, contohnya kolaborasi antar prajurit dalam satu kesatuan sanggup terjalin saat melawan musuh.

Proses sosial yang dekat kaitannya dengan kolaborasi ialah konsensus. Konsensus hanya mungkin terjadi bila ke dua belah pihak atau lebih ingin memelihara hubungan dan masing-masing memandang hubungan tersebut sebagai kepentingan tersendiri. Keputusan untuk mengadakan konsensus timbul apabila anggota kelompok terlibat dalam perbedaan pendapat. Dalam konsensus, kontradiksi kepentingan terlihat nyata, tetapi tidak sebesar dalam konflik.

Macam-macam bentuk kerja sama

Berdasarkan pelaksanaannya, kolaborasi mempunyai lima bentuk yakni kerukunan atau gotong royong, bargaining, kooptasi, koalisi dan joint venture yang akan dijelaskan pengertiannya masing-masing diantaranya sebagai berikut dibawah ini :

1. Kerukunan atau gotong royong
2. Bargaining
Bargaining ialah pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih. Perlu diketahui bahwa didalam bargaining prinsip keadilan sangatlah ditekankan.
3. Kooptasi
Kooptasi ialah suatu proses penerimaan unsur-unsur gres dalam kepemimpinan serta pelaksanaan politik organisasi sebagai satu-satunya cara menghindari konflik yang sanggup mengguncang organisasi.
4. Koalisi
Koalisi ialah kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama. Selain itu koalisi sanggup menghasilkan keadaan yang tidak stabil sebab kedua organisasi mempunyai struktur tersendiri.
5. Joint venture
Joint venture ialah kolaborasi dalam pengusahaan proyek tertentu, contohnya ialah ibarat pertambangan minyak dan perhotelan.

Selain bentuk kolaborasi yang telah disebutkan dan dijelaskan diatas, beberapa jago yang lainnya juga mengemukakan bahwa kolaborasi dalam beberapa bentuk yang lainnya yakni diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Kerja sama impulsif (kerja sama merta).
2. Kerja sama pribadi (hasil dari perintah atasan atau penguasa).
3. Kerja sama kontrak (kerja sama atas dasar tertentu).
4. Kerja sama tradisional (kerja sama sebagian dari cuilan antar unsur dalam sistem sosial).

Demikian pembahasan ihwal pengertian kolaborasi dan bentuk-bentuk kerja sama. Semoga pembahasan diatas yang membahas ihwal kolaborasi atau kooperasi bermanfaat serta menjadi tumpuan warta yang edukatif dalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan kerja sama, pengertian, definisi, arti, makna dan konsep kolaborasi berdasarkan para ahli, serta macam-macam bentuk kerja sama.
Buat lebih berguna, kongsi:
close