Kode Iklan Disini

5 Soal Dan Balasan Perihal Tugas Wali Songo Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara

5 Soal dan balasan wacana tugas Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Nusantara akan dibahas dengan lengkap pada pola soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada pola soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang mencakup sebutkan nama-nama Wali Songo, jelaskan tugas Wali Songo dalam proses Islamisasi, sebutkan pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo, sebutkan dan jelaskan dampak Islam ke Indonesia serta jelaskan secara ringkas bagaimana perkembangan islam di Maluku.

Sehingga dengan demikian, banyak sekali pola soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini sanggup membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci balasan soal materi pelajaran sejarah wacana tugas Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Indonesia menyerupai yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan balasan bahan pelajaran sejarah mengenai tugas Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Indonesia

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal bahan sejarah wacana nama-nama Wali Songo, tugas Wali Songo dalam proses Islamisasi, pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo, dampak Islam ke Indonesia serta perkembangan agama islam di Maluku lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya yaitu menyerupai berikut ini.

 Soal dan balasan wacana tugas Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Nusantara 5 Soal Dan Jawaban Tentang Peran Wali Songo Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara
5 Soal Dan Jawaban Tentang Peran Wali Songo Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara

1. Sebutkan nama-nama Wali Songo !
Jawabannya yaitu nama-nama Wali Songo atau wali sembilan yakni diantaranya yaitu sebagai berikut dibawah ini.

a. Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik).
b. Raden Saleh (Sunan Ampel).
c. Raden Paku (Sunan Giri).
d. Raden Said (Sunan Kalijaga).
e. Raden Ja’far Shadiq (Sunan Kudus).
f. Raden Umar Said (Sunan Muria).
g. Raden Maulana Makdum Ibrahim (Sunan Bonang).
h. Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).
i. Maunat Syarifuddin (Sunan Drajat).

2. Jelaskan tugas Wali Songo dalam proses Islamisasi !
Jawabannya yaitu tugas Wali Songo dalam proses Islamisasi yakni masing-masing diantaranya yaitu sebagai berikut dibawah ini.

a. Sunan Gresik
Maulana Malik Ibrahim yaitu seorang tokoh yang berasal dari Arab, ia tiba ke pulau Jawa pada tahun 1404 M dan dengan kurun waktu selama kurang lebih sekitar 20 tahun, ia berhasil mencetak kader dakwah di wilayah Gresik.

b. Sunan Ampel
Sunan Ampel yaitu seorang tokoh yang membangun dan mendirikan sebuah pondok pesantren ampel yang letaknya dekat dengan Surabaya dan ia dianggap sebagai seorang penerus dari Sunan Gresik.

c. Sunan Giri
Raden Paku yaitu seorang tokoh yang acara dakwah Islamnya menitik beratkan dan fokus pada bidang pendidikan.

d. Sunan Kali jaga
Raden Said yaitu seorang tokoh yang acara dakwah Islamnya berfokus pada penggabungan penyebaran Islam dengan model kebudayaan yang bisa untuk bisa menyesuaikan diri dengan nilai-nilai lokal setempat. Dengan demikian menurut kearifan lokal tersebutlah terjadinya pembuatan bangunan Masjid Agung Demak, kesenian wayang yang bernuansa Islami dan juga lagu atau tembang ilir-ilir.

e. Sunan Kudus
Raden Ja’far Shadiq yaitu seorang tokoh yang menguasai dan hebat dalam banyak sekali ilmu Tauhid, ilmu Fiqih dan ilmu agama Islam yang lainnya. Beliau mendapat kepercayaan oleh kesultanan Demak dan ditunjuk untuk menjabat sebagai hakim tinggi serta sebagai panglima militer.

f. Sunan Muria
Raden Umar Said yaitu seorang tokoh yang juga guru tasawuf, ia dikenal pendiam namun fatwanya sangat tajam dan ia tinggal ditempat yang jauh dari keramaian, terpencil dan juga sunyi.

g. Sunan Bonang
Raden Maulana Makdum Ibrahim yaitu seorang tokoh seniman yang membuat geneling Jawa, Bonang dan juga Durma. Beliau lahir pada tahun 1465 M dan wafat pada tahun 1525 M.

h. Sunan Gunung Jati
Syarif Hidayatullah yaitu seorang tokoh yang acara dakwah Islamnya mengutamakan pengembangan agama Islam dengan cara mendirikan masjid-masjid yang ada di seluruh wilayah Cirebon dan juga memakai metode pendekatan sosial budaya kawasan setempat sehingga sangat gampang diterima oleh masyarakat.

i. Sunan Drajat
Maunat Syarifuddin yaitu seorang tokoh yang menyebar luaskan agama Islam di kawasan wilayah Jawa Timur, ia dikenal sangat bejiwa sosial. Hal tersebut alasannya ia sangat peduli terhadap kaum miskin dan duafa, adapun karyanya ia membuat gending Jawa dan pangkur.

3. Sebutkan pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo !
Jawabannya yaitu pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo yakni diantaranya yaitu sebagai berikut dibawah ini.
a. Pesantren Ampel Dima (Surabaya).
b. Pesantren Sunan Giri (Surabaya).

4. Sebutkan dan jelaskan dampak Islam ke Indonesia !
Jawabannya yaitu dampak agama Islam ke Indonesia yakni dikelompokkan menjadi beberapa bab yang diantaranya yaitu sebagai berikut dibawah ini.

a. Seni budaya
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi seni budaya yang diantaranya yaitu menyerupai bangunan-bangunan masjid, seni-seni ukir dan juga seni-seni lukis tradisional yang dilihat pada bangunan masjid kuno dan keraton.

b. Filsafat dan anutan agama Islam
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi filsafat dan anutan agama Islam yang diantaranya yaitu menyerupai terususun ilmu yang menguraikan dan menjelaskan wacana macam-macam peraturan dan aturan untuk tetapkan kewajiban-kewajiban masyarakat beragama Islam kepada Tuhan, Ilmu Tasawuf dan juga anutan agama Islam yang lainnya.

c. Sistem pemerintahan
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi sistem pemerintahan yang diantaranya yaitu menyerupai Raja yang digantikan dengan Sultan dan juga sistem kedudukan Raja yang tidak lagi bersifat turun temurun, namun lebih kearah bersikap demokratis.

d. Sistem kalender
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi sistem kalender yang diantaranya yaitu menyerupai lebih mengenal dan sebagian memakai sistem kalender hijrah (Hijriyah).

5. Jelaskan secara ringkas bagaimana perkembangan islam di Maluku !
Jawabannya yaitu bagaimana perkembangan islam di Maluku yakni diantaranya yaitu sebagai berikut dibawah ini.

Perkembangan dan persebaran agama Islam di Maluku awal mula terjadi pada periode ke-14 M dimana terjadinya acara perdagangan di jalur Malaka-Maluku. Adapun raja ternate yang ke-12 yang berjulukan Malomatliya (1.350 M, 1.357 M) dikenal dekat sangat baik dengan para pedagang dari Arab dan sultan ternate yang pertama kali dianggap memeluk agama Islam yaitu Zainal Abidin (1455 M - 1468 M). Sultan Zainal Abidin banyak memperoleh dan mendapat anutan ilmu agama Islam dari madrasah Giri yang ada di Jawa.

Demikian contoh soal dan balasan tentang siapa saja nama-nama Wali Songo, bagaimana tugas Wali Songo dalam proses penyebaran agama Islam, apa saja pesantren-pesantren yang diartikan oleh para Wali Songo, bagaimana dampak Islam ke Indonesia dan bagaimana perkembangan agama Islam di wilayah Maluku. Semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci balasan soal bahan pelajaran sejarah wacana peran Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.
Buat lebih berguna, kongsi:
close