Kode Iklan Disini

Pengertian Selesai Zaman Sugra Dan Selesai Zaman Kubra Di Dalam Agama Islam

Halo sobat MB, pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai Pengertian Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra di dalam agama islam plus beserta juga ayat-ayat al-qur'an dan terjemahannya yang berisikan perihal kedua hal itu. Adapun kita sebagai seorang umat muslim, wajib dan percaya akan adanya dari hari selesai zaman itu.

Apabila diteliti serta di tinjau dari beberapa aspek dan sumber proses kejadiannya, hari selesai zaman tersebut sanggup dibedakan menjadi dua macam, yakni selesai zaman sugra (yang berarti selesai zaman besar) dan selesai zaman kubra (yang berarti selesai zaman kecil) dan pastinya akan dirincikan apa saja definisi selesai zaman sugra dan selesai zaman kubra itu.

Kiamat Sugra

Sugra mempunyai arti yakni kecil, selesai zaman sugra yaitu suatu tanda berakhirnya sebuah kehidupan dari sebagian mahluk hidup yang ada di dunia ini, baik itu dalam bentuk secara individu maupun secara kelompok. Seluruh mahluk hidup yang ada di muka bumi ini pastinya akan mengalami yang namanya kematian dan juga tidak ada satu mahluk pun yang sanggup hidup abadi, semua itu akan hilang, lenyap, binasa dan musnah dari muka bumi ini.

Dan insiden kematian serta kehancuran yang terjadi pada mahluk hidup itulah yang disebut dengan selesai zaman sugra yang artinya yakni selesai zaman kecil tersebut yang terjadi bagi mahluk yang mengalami kematian. Dibawah ini yaitu pola selesai zaman sugra yakni sebagai berikut ini :
1. Kematian
2. Sakit
3. Kecelakaan
4. Gempa Bumi dan
5. Sebuah insiden tragedi alam
Dan seluruh hal tersebut telah di jelaskan pada Al-qur'an surah Ali 'Imran ayat 185 yang berbunyi sebagai berikut :

 pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai  Pengertian Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra Di Dalam Agama Islam
Q.S. Ali 'Imran, 3: 185

Yang artinya yaitu : "Setiap yang bernyawa akan mencicipi mati. Dan hanya pada hari selesai zaman sajalah diberikan dengan tepat balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh ia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya"(Q.S. Ali 'Imran, 3: 185)
Baca juga Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

Kiamat Kubra

Kubra mempunyai arti yakni besar. Kiamat kubra yaitu suatu tanda berakhirnya kehidupan makhluk secara menyeluruh yang terdapat di muka bumi ini dengan secara serempak/bersamaan. Siapapun itu, tidak ada yang tahu dan tidak ada pula yang sanggup memprediksi serta tidak ada juga yang mengetahui akan terjadinya hari selesai atau hari kiamat. Walaupun jaman kini ini penuh dengan alat tekhnologi yang sangat canggih dan ilmu tekhnologi yang sudah sangat maju, tetap saja hari selesai zaman menjadi misteri yang tidak sanggup terpecahkan kapan terjadinya.

Jangankan insan biasa, malaikat dan para rasul pun tidak ada yang di beri tahu dengan niscaya akan kapan waktu terjadinya hari kiamat. Hari selesai atau selesai zaman itu sudah menjadi diam-diam Allah Swt dan hanya diri Nya lah yang maha tahu. Adapun proses dari terjadinya hari akhir/kiamat dijelaskan oleh Allah Swt di dalam surah Al-Haqqah ayat 13-18 yang berbunyi sebagai berikut :

 pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai  Pengertian Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra Di Dalam Agama Islam
Q.S. Al-Haqqah, 69: 13-18

Yang artinya adalah: "Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, kemudian dibenturkan keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat, dan terbelah lah langit, alasannya pada hari itu langit menjadi rapuh. Dan para malaikat berada di banyak sekali penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka. Pada hari itu kau dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi (bagi Allah)"(Q.S. Al-Haqqah, 69: 13-18). Itulah Pengertian Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra di dalam agama islam yang sanggup aku sampaikan dan selamat berguru serta biar bermanfaat untuk kita semua.
Buat lebih berguna, kongsi:
close