Kode Iklan Disini

Teks Eksplanasi | Definisi, Pengertian, Ciri, Struktur Serta Kaidah Kebahasaan

Struktur, Ciri, Definisi, dan Contoh Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah salah satu cabang pelajaran bahasa Indonesia yang akan dibahas pada uraian dibawah. Di dalam bahan berguru pelajaran teks eksplanasi ini yang akan di uraikan satu persatu yakni yakni pengertian atau definisi teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi dan kaidah kebahasaan di dalam teks eksplanasi. Dari semua pembahasan itu akan dijelaskan dan di rincikan dengan bahasa yang gampang di mengerti serta sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Dan berikut penjelasannya.

Definisi Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisikan mengenai proses alasannya (mengapa) dan jawaban (bagaimana) suatu kejadian-kejadian ilmu pengetahuan, sosial, budaya, alam, serta insiden lainnya yang sanggup terjadi. Kejadian-kejadian yang terjadi yang ada di sekitar kita, baik itu insiden sosial, insiden budaya dan atau insiden alam, niscaya adanya proses saling keterkaitan dan bekerjasama antara insiden tersebut yang mana ada penyebab dan ada pula akibatnya.

Oleh lantaran itu, setiap ada insiden yang terjadi di sekitar kita, bukan hanya sanggup kita lihat dan kita amati serta sanggup kita rasakan saja, namun sanggup pula kita mempelajari insiden tersebut ibarat dari sudut pandang ”mengapa” dan “bagaimana” insiden itu sanggup terjadi.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Di dalam teks eksplanasi terdapat tiga (3) ciri-ciri yang sanggup kita ingat dengan mudah, semoga kita sanggup dengan gampang membedakan yang mana Teks Eksplanasi dan yang mana teks lainnya. Berikut ini yakni ciri-ciri teks eksplanasi :
1. Strukturnya yang terdiri atas pernyataan-pernyataan umum, berurut dengan alasannya (mengapa) dan jawaban (bagaimana) serta interpretasi.
2. Memuat dan berisikan dengan informasi / info yang menurut dengan fakta / faktual / nyata.
3. Fakta / faktual / kenyataan tersebut memuat dan berisikan dengan informasi / info yang sifatnya ilmiah atau dengan dasar keilmuan contohnya sains dan lain sebagainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Didalam Teks Eksplanasi, terdapat struktur yang terdiri atas pernyataan-pernyataan umum, yang lalu di lanjutkan dengan alasannya (mengapa) jawaban (bagaimana) yang secara berurut serta yang di akhiri dengan interpretasi (penafsiran/penyimpulan). Dan di bawah ini merupakan klarifikasi dari ketiga struktur teks eksplanasi, berikut penjelasannya :
1. Pernyataan umum
Yakni berisikan dengan pernyataan (statement) yang secara umum/luas mengenai sebuah topik yang akan di jelaskan serta di uraikan atas proses keberadaan nya, proses bagaimana terjadinya dan atau proses bagaimana terbentuk nya.
2. Urutan sebab-akibat
Yakni berisikan mengenai rincian klarifikasi dari proses keberadaan dan atau klarifikasi bagaimana proses terjadinya yang di jelaskan dengan cara berurutan dan sedikit demi sedikit mulai dari yang paling pertama (paling awal) sampai dengan yang paling terakhir.
3. Interpretasi
Yakni berisikan mengenai kesimpulan atau penafsiran mengenai topik pembahasan atau proses-proses yang di jelaskan.

Kaidah kebahasaan di dalam Teks Eksplanasi

Adapun di dalam Teks Eksplanasi terdapat ciri-ciri bahasa yang pada umumnya sebagai berikut ini :
1. Biasanya di mungkinkan menggunakan istilah-istilah ilmiah
2. Menggunakan kalimat yang pasif
3. Teks Eksplanasi terfokus kepada hal-hal yang umum / generic dan tidak juga atas partisipan insan atau non human participants pola hujan, banjir, gempa bumi dan sebagainya.
4. Kata kerja yang banyak di gunkan yakni kata kerja aktif / kata kerja material serta relasional atau yang berkaitan.
5. Lebih banyak menggunakan kata / konjungsi waktu serta kausal, pola : kata kemudian, sehingga, jika, sebelum, pertama dan apabila.
6. Dan lalu Teks Eksplanasi di tulis dengan tujuan untuk menciptakan justifikasi atas sesuatu yang di jelaskan dengan secara kausal tersebut yakni benar ada nya.
Demikian pembahasan Teks Eksplanasi, Definisi, Pengertian, Ciri, Struktur Serta Kaidah Kebahasaan
Buat lebih berguna, kongsi:
close