Kode Iklan Disini

Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris


Welcome everyone, thank you for visiting, let's get started.
Materi postingan kali ini ialah "How to introduce yourself." Ini ialah materi yang biasanya diberikan kepada beginner students atau para pemula pada ketika pertama kali mengikuti kelasa Bahasa Inggris.



Meskipun begitu, materi ini sangat penting untuk dipelajari sebab akan membantu dalam membangun rasa percaya diri dalam percakapan Bahasa Inggris.

Kalau kau seorang intermediate student atau bahkan advanced student, mungkin materi ini akan terasa sangat mudah, but that's okay, sebab memakai ungkapan-ungkapan yang akan segera kita pelajari berikut juga sanggup membantumu membangun rasa percaya diri, meningkatkan skill pronunciation kau dan lebih spesifik lagi kau sanggup berguru lebih fokus lagi pada cara pengucapan (pronunciation) yang lebih lancar dan cepat.


 Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris


Ucapan salam / sapaan

Sekarang mari kita mulai dengan beberapa ungkapan yang paling umum dipakai pada ketika memperkenalkan diri sendiri.
Yang pertama kita sanggup mengucapkan salam atau sapaan seperti:

Hi!
Hello!
Hey!

atau ucapan salam yang sesuai dengan waktu seperti:

Good morning! (selamat pagi)
Good afternoon! (selamat siang)
Good evening! (selamat malam)

Untuk tips, cobalah untuk mengucapkan salam tersebut dengan menandakan rasa antusias supaya memperlihatkan kesan kasatmata pada ketika perkenalan. Kamu juga sanggup menjabat tangan lawan bicara kau ketika mengucapkan salam, atau sekedar melambaikan tangan ketika kau memperkenalkan diri kepada sebuah kelompok.



Menyebutkan nama

Selanjutnya mungkin lawan bicara kau akan pribadi bertanya; "What is your name?" atau kau sanggup pribadi menyebutkan nama kau sendiri, ungkapan yang paling umum dipakai adalah:

I'm . . . . . . . .
(Saya ialah . . . . . [sebutkan nama kamu])

My name is . . . . . . . . .
(Nama saya ialah . . . . . . . [sebutkan nama kamu])

contoh:

I'm Bobby Bryant.
(Saya ialah Bobby Bryant)

My name is Bobby Bryant.
(Nama saya ialah Bobby Bryant)


selain itu kau juga sanggup memperlihatkan nama panggilan kamu, ungkapan yang dipakai adalah:


Just call me . . . . . .
(Panggil saja saya . . . . . . [sebutkan nama panggilan kamu])

People call me . . . . . .
(Orang-orang memanggil saya . . . . . . . [sebutkan nama panggilan kamu])

You can call me . . . . . .
(Kamu sanggup memanggil saya . . . . . . . [sebutkan nama panggilan kamu])

contoh:

My name is Bobby Bryant but people call me Bob.
(nama saya Bobby Bryant tapi orang-orang memanggil saya Bob.)



Menyebutkan umur

Kemudian sehabis menyebutkan nama, yang umumnya dilakukan ialah menyebutkan usia.
Contoh ungkapan yang dipakai adalah:

I'm . . . . . . years old.
(saya berusia . . . . . . . . tahun)

contoh:

I'm 16 years old.
(saya berusia 16 tahun)



Menyebutkan kewarganegaraan

sehabis itu sebutkan kewarganegaraanmu.
contoh:

I am Indonesian.
(Saya orang Indonesia)

I am Brazilian.
(Saya orang Brazil)

I am Korean. 
(Saya orang Korea)

atau sanggup juga memakai ungkapan ibarat berikut:

My nationality is Indonesia.
(Kewarganegaraan saya ialah Indonesia)

My nationality is Japan.
(Kewarganegaraan saya ialah Jepang)



Menyebutkan asal-usul (origin)

Lalu kau juga sanggup menyebutkan asal-usul kau sendiri (origin) ibarat kawasan kelahiran misalnya, dan pola ungkapannya ibarat berikut:

I was born in . . . . . . .
(Saya lahir di . . . . . . [sebutkan nama kawasan kelahiran, biasanya nama kota])

contoh:

I was born in Surabaya.
(Saya lahir di Surabaya)

I was born in Kyoto, Japan.
(Saya lahir di Kyoto, Jepang)



Menyebutkan profesi

next, sebutkan profesi kamu.
contoh:

I am a . . . . . . . .
(Saya ialah seorang . . . . . . [sebutkan profesi kamu])

I am a student.
(Saya ialah seorang murid)

I am a writer.
(Saya ialah seorang penulis)

I am an artist.
(Saya ialah seorang artis)

sebagai catatan, selalu gunakan artikel "a" atau "an" jangan pribadi menyebutkan profesi sehabis to be.



Menyebutkan alamat kawasan tinggal

Kemudian sebutkan kawasan tinggalmu, gunakan ungkapan ibarat pola berikut:

I live in . . . . . . . .
(Saya tinggal di . . . . . .)

kalau diawali kata depan "in" maka sebutkan nama kota dimana kau tinggal.

contoh:

I live in Bandung.
(Saya tinggal di Bandung)

I live on . . . . . .
(Saya tinggal di . . . . .)

sedangkan jikalau diawali kata depan "on" maka sebutkan nama jalan dimana kau tinggal.

contoh:

I live on Jl. Asia Afrika Bandung.
(Saya tinggal di jalan Asia Afrika Bandung)

atau sanggup juga memakai ungkapan berikut:

I am from . . . . . . . .
(Saya berasal dari . . . . . . )

contoh:

I am from Bogor.
(Saya berasal dari Bogor)



Menyebutkan iformasi tambahan

Setelah memperlihatkan alamat kawasan tinggal, sebetulnya itu sudah cukup dalam sebuah perkenalan, tapi jikalau kau ingin memperlihatkan isu yang lebih kepada kenalan gres kamu, kau sanggup memperlihatkan isu ihwal hobby atau kesukaanmu, beberapa pola ungkapannya ibarat berikut:

I like . . . . . . .
(Saya suka . . . . . [lalu sebutkan hobimu])

My hobby is . . . . . . . .
(Hobi saya ialah . . . . . . [sebutkan hobimu])

contoh:

I like reading and writing.
(Saya suka membaca dan menulis)

My hobby is playing online game.
(Hobi saya ialah bermain game online)



Salam penutup

Dan sebagai ungkapan epilog dari sebuah perkenalan, kau sanggup mengucapkan:

Nice to meet you.
(senang bertemu dengan mu)

Glad to meet you.
(senang bertemu dengan mu)



Contoh dialog

Berikut ialah pola perkenalan dalam Bahasa Inggris:

Hi!, My name is Bobby Bryant and you can call me Bob.
I am 16 years old, I am an American and I was born in Texas.
I am a blog writer, I live in Texas and I like reading and writing.
nice to meet you.

Berikut ialah terjemahnya:

Hai, nama saya ialah Bobby Bryant dan kau sanggup memanggilku Bob.
Saya berumur 16 tahun, saya ialah orang Amerika dan saya lahir di Texas.
Saya ialah seorang penulis blog, Saya tinggal di Texas dan saya suka membaca dan menulis.
sengan bertemu dengan mu.



Exercise!

Sekarang sebagai epilog coba jawab pertanyaan berikut secara lisan, berikan isu ihwal dirimu sendiri, berikan tanggapan dengan jelas, cepat dan penuh percaya diri, ok?

What is your name?

How old are you?

What is your nationality?

Where are you from?

What do you do?

Where do you live?

What do you like?



ok, jikalau kau sudah sanggup menjawab semua pertanyaan tersebut, itu berarti kalian sudah memahami cara memperkenalkan diri sendiri memakai Bahasa Inggris.

Untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris kamu, kau sanggup mempraktikannya pribadi dengan sobat kamu, saling memperlihatkan pertanyaan dan respon secara bergantian. Itu akan lebih efektif.

Sekian untuk postingan kali ini, biar bermanfaat.
Buat lebih berguna, kongsi:
close