Kode Iklan Disini

Definisi Perubahan Sistem Nilai Budaya Dan Duduk Perkara Kemanusiaan

Sistem nilai budaya yaitu pembahasan yang akan di jelaskan dibawah ini, yang mana materi kali ini menyangkut kedalam materi pelajaran seni dan budaya. Dan yang akan di jelaskan berikut ini yaitu pengertian sistem nilai budaya, alasan perubahan sistem nilai budaya, imbas dari perubahan sistem nilai budaya dan duduk masalah kemanusiaan dalam kehidupan. Semoga pembahasan ini sanggup memperlihatkan anda pengetahuan dan bermanfaat untuk anda.

Definisi Perubahan Sistem Nilai Budaya Dan Masalah Kemanusiaan

A. Perubahan Sistem Nilai Budaya
1. Pengertian Sistem Nilai Budaya
Sistem nilai budaya adalah sebuah konsep ihwal nilai yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar anggota masyarakat dan berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi perilaku mental, cara berfikir, dan tingkah laris mereka. Sehingga system nilai budaya yaitu hasil pengalaman hidup yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama, sehingga menjadi kebiasaan yang berpola. Sistem nilai budaya yang berpola merupakan citra perilaku dan tingkah laris anggota masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk perilaku dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat.

2. Alasan Mengenai Perubahan Sistem Nilai Budaya
Ada beberapa alasan mengapa terjadi pergeseran dan perubahan ihwal system nilai budaya berdasarkan Munandar Sulaiman, antara lain:
a. Jarak komunikasi antar etnis
b. Pelaksanaan pembangunan
c. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

3. Dampak Dari Perubahan Sistem Nilai Budaya
Apabila terjadi sebuah perubahan pada system nilai budaya maka akan terjadi juga perubahan perilaku mental, contoh pikir, dan contoh tingkah laris anggota masyarakat dalam banyak sekali aspek kehidupan. Aspek kehidupan insan sanggup dibedakan menjadi dua yakni:

1. Manusiawi, merupakan kehidupan manusiawi diungkapkan sesuai dengan system nilai budaya sebagai pandangan hidup, melalui perilaku saling menyayangi, melindungi, menghargai, dan lainnya yang dirasakan sebagai keindahan hidup.
2. Tidak manusiawi, merupakan kehidupan tidak manusiawi diungkapkan melalui perilaku dan perbuatan yang merugikan, menggelisahkan, dan menyebabkan insan menderita. Ungkapan banyak sekali aspek kehidupan akan dijabarkan menjadi beberapa tema pengkajian ilmu sosial budaya dasar.

B. Masalah Kemanusiaan Dalam Kehidupan
1. Hakikat Manusia Sama
Manusia diciptakan Tuhan sama, memiliki cipta, rasa, dan karsa. Sebagai makhluk budaya insan selalu menginginkan yang benar, baik dan bermanfaat. Sifat ini disebut manusiawi. Sebab insan memang diciptakan sama dan universal. Namun dalam menghadapi lingkungan alam dan sosial budaya insan tidak saja memperlihatkan kesamaan, tetapi juga perbedaan dan ketidak seragaman, maka dari itu insan berupaya untuk membuat kesatuan pandangan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak manusiawi.
Baca juga Definisi Kebudayaan, Peradaban, Dan Sistem Nilai Budaya Manusia

2. Manusia sebagai Subjek dan Objek
Dalam mengkaji duduk masalah kemanusiaan, insan menempati posisi ganda yaitu, tidak hanya sebagai subjek tetapi juga menjadi objek. Tema duduk masalah dari kemanusiaan diarahkan kepada;
a. Diri insan nilai-nilai kemanusiaan
Maksudnya yaitu korelasi insan dengan manusia, dengan alam, dan dengan Tuhan
b. Tema Kajian Masalah Manusia

Adapun tema-tema yang menjadi kajian pokok ilmu sosial budaya antara lain sebagai berikut:
1. Keindahan dan keburukan
2. Kasih sayang dan kebencian
3. Tanggung jawab dan ketidak pedulian
4. Keadilan dan kesewenang-wenangan
5. Kegelisahan dan ketentraman
6. Penderitaan dan kebahagiaan
7.Harapan dan keberhasilan

Itulah yang sanggup saya berikan mengenai Definisi Perubahan Sistem Nilai Budaya Dan Masalah Kemanusiaan. Semoga bermanfaat.
Buat lebih berguna, kongsi:
close