Kode Iklan Disini

Cara Perawatan Pada Bayi Yang Gres Lahir Dengan Baik Dan Benar

Halo sobat materi belajar dimanapun anda berada, artikel kali ini akan membahas dan fokus pada cara melaksanakan perawatan pada bayi yang gres lahir dengan baik dan benar. Berikut ini merupakan beberapa cara yang perlu anda ketahui bagaimana cara melaksanakan perawatan pada bayi yang gres lahir dan cara ini sangat cocok bagi mereka yang gres menikah, lagi mengandung, dan baik untuk dipelajari bagi seluruh kaum perempuan semoga sanggup mengetahui cara demi cara semoga sanggup merawat bayi dengan benar. Adapun klarifikasi cara-cara perawatan pada bayi yang gres lahir adalah sebagai berikut:

Makan Lagi dan Makan Lagi
Disaat pada bulan pertama, lapar merupakan faktor utama yang menjadikan seorang bayi menangis. Oleh alasannya itu, memberi makan pada bayi ialah sebuah cara yang terbilang efektif untuk menghentikan tangis bayi tersebut, dan meski itu berarti sang ibu harus selalu menyusui bayi tersebut baik pada waktu pagi hari, siang, sore maupun malam hari. Yang jadi pertanyaan ialah mengapa seorang bayi makan lagi makan lagi?

 artikel kali ini akan membahas dan fokus pada  Cara Perawatan Pada Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar
Cara perawatan pada bayi yang gres lahir
Ini di karenakan,  rasa lapar merupakan sensasi gres baginya. Pada rahim ibu, seorang bayi sudah terbiasa selalu mendapatkan asupan makanan secara terus-menerus dari plasenta, sehingga bayi tidak pernah mencicipi lapar. Pada ketika ketika seorang bayi lahir ke dunia, sistem pencernaan pada bayi tersebut belum terbiasa untuk  mencerna makanan dalam jumlah yang besar, kemudian “kosong” beberapa waktu.

Untuk sanggup membantu bayi menyesuaikan diri dengan perbedaan ini, pada minggu-minggu pertama, sang ibu tidak perlu menjadwal jam makan bayi. Akan tetapi berilah ia makan sesering mungkin. Dan kegiatan makan bayi akan terbentuk di usia kira-kira lima minggu.
Baca juga Asuhan Kehamilan Dan Persalinan Dengan Penyakit Jantung
Waktunya Buang Air
Pipis dan Buang Air Besar (BAB) pada bayi gres juga belum kenal jadwal. Akan tetapi bayi yang sering buang air ialah hal yang baik, menunjukan bayi cukup makan. Jangan menunda dan segera mengganti popoknya, semoga si bayi tidak menangis lantaran lembap dan tidak merasa nyaman.

Amati juga air seni  dan fesesnya lantaran keduanya sanggup menjadi alat ukur (indikator) kondisi bayi, contohnya saja air seni yang terlalu kuning  menandakan bayi kurang cairan. Feses bayi  yang  mendapat ASI ekslusif lebih lunak dan tidak terlalu berbau. Setelah bayi pipis atau BAB, segera bersihkan alat kelaminnya. Bubuhi pantat dan selangkangan nya dengan krim untuk menghindari ruam popok.

Pakaian Bayi (Baby Dress Code) 
Apakah benar, kalau bayi gres lahir harus dibedong setiap hari? Apakah benar baju yang digunakan harus berlapis-lapis dan selalu memakai selimut? Bapak dan ibu, iklim tropis yang ada pada di negara kita ini sesungguhnya tidak pas dengan pakaian bayi gaya dibuntel-buntel. Pada ketika udara sedang panas dan bayi berada pada ruangan tanpa AC, coba cek pada cuilan belakang leher bayi, apabila terasa panas dan lembab, maka itu berarti ia kegerahan.

Jika demikian, singkirkan ganjal tidurnya dan segera ganti baju yang digunakan dengan yang lebih ringan. Pastikan pakaian pada bayi terbuat dari materi alami, menyerupai kain katun 100% yang sanggup menyerap keringat, gampang dicuci dan disetrika. Panduan berpakaian untuk bepergian lain lagi. Gunakan mantel atau cardigan,  kaos kaki, sepatu dan topi pada bayi untuk mencegah ia  masuk angin.
Baca juga Definisi Serta Berbagai Macam Pre-Eklampsia Dan Eklampsia
Kosmetika Bayi
Kosmetika untuk bayi sangat banyak macamnya, ada baby bath,  baby shampo, baby oil, baby lotion, baby powder, baby cream, baby cologne dan hair lotion. Sebenarnya semua itu tidak dari semuanya diperlukan oleh si bayi, jadi sang ibu harus bijaksana dalam memilih. Apa pun  mereknya, selalu gunakan produk yang sudah teruji secara klinis atau Clinical Proven Mild (CMP).

Jika bayi bereaksi negatif ketika dipakaikan kosmetika tertentu, menyerupai timbul bercak-bercak merah pada kulit, maka itu kemungkinan si bayi alergi pada kandungan dalam kosmetika tersebut. Segera hentikan pemakaian dan beralihlah pada kosmetika bayi yang  bebas dari materi kimia (green product). Masih bekerjasama dengan meminimalkan persentuhan bayi dengan materi kimia, hindari juga penggunaan produk pengharum atau pelembut pakaian. Bahan kimia yang terdapat di dalamnya terlalu “kuat” dan sanggup membuat iritas padai kulit bayi.

Kegiatan yang tidak disukai Bayi. 
Kebanyakan bayi tidak menyukai program lepas-pakai baju, mandi, keramas, diberi obat tetes mata dan tetes hidung. Ini sanggup membuat ia mengamuk, maka solusi yang sanggup anda lakukan, lakukan kegiatan ini dengan cepat, namun tetap dengan hati-hati. Alihkan perhatian bayi  dengan cara mengajaknya bicara, memberi pelukan hangat dan ciuman.

Lingkungan yang nyaman. 
Sangat penting membuat lingkungan yang nyaman bagi si bayi.  Oleh lantaran itu, usahakan lingkungan bayi tidak terlalu ramai atau berisik, terlalu masbodoh (kurang dari 20 derajat celcius) atau terlalu panas (lebih dari  31 derajat Celcius). Bayi juga sanggup rewel lantaran kesilauan, lantaran itu pastikan cahaya lampu atau sinar matahari tidak jatuh mengenai wajah dan sempurna ke matanya.

Lingkungan yang nyaman juga sanggup berarti bebas gigitan nyamuk dan serangga-serangga. Anda sanggup dengan melaksanakan fogging di rumah beberapa hari sebelum bayi hadir. Sangat tidak dianjurkan memakai obat pembasmi nyamuk atau serangga pada kamar bayi lantaran racun yang terkandung sanggup melekat pada barang-barang bayi. Cukup gunakan kain kelambu.
Baca juga Definisi Epilepsi, Jenis Epilepsi Dan Anti Konvulsi
Mainan Bayi
Fungsi mainan bukan cuma menghibur si bayi tetapi juga mengenalkan pada bayi aneka macam macam bentuk dan melatih otot-otot matanya semoga lebih terfokus. Untuk itu,  selalu pilih mainan dengan warna-warna cerah (berstandar nasional). Mainan yang sanggup bergerak dan sanggup berbunyi (musical mobile) yang sanggup digantung pada daerah tidur akan merangsang indra penglihatan dan indera pendengaran bayi.

Beruang teddy yang lembut sanggup menyenangkan bayi ketika ia merabanya. Rattle, mainan genggam yang sanggup berbunyi kalau digoyang, juga menghibur dan melatih indra bayi. Akan tetapi tidak selalu harus membeli mainan mahal. Bayi juga sangat terhibur apabila melihat pantulan dirinya di cermin, bayangan di tembok dan tetes hujan. Dan, tentu saja tidak ada yang lebih menggembirakan bayi dibanding ketika ia bermain dengan ayah dan ibunya.

Ritual Tidur
Total waktu tidur pada bayi gres ialah 16 jam sehari, dengan tidur malam yang gelisah yang diselingi beberapa kali bangun. Setelah usia 5 minggu, barulah si bayi mempunyai teladan tidur yang tetap yaitu dengan tidur lebih awal pada malam hari dan terbangun 2-3 kali pada tengah malam. Ritual tidur juga sanggup membantu bayi tidur lebih cepat dan berkualitas. Adapun tahapannya ialah sebagai berikut:

    1. Mandikan bayi dengan air hangat yang sudah ditetesi baby bath
    2. Pijat bayi dengan baby oil atau lotion
    3. Setelah itu ciptakan suasana damai di kamar tidurnya.
    4. Anda sanggup membacakan dongeng
    5. Menyanyikan lagu nina bobok atau membubuhi bayi dengan baby powder.

Gunakan selalu produk bayi yang aromanya menenangkan, namun pastikan semua produk kondusif dan teruji secara klinis atau Clinically Proven Mild (CMP).

Kenali penyakit pada bayi gres lahir. 
Kolik, ruam popok, hidung yang mampet, benjol pada mata, pengecap yang berjamur dan demam pasca imunisasi ialah beberapa penyakit yang sering terjadi pada bayi gres lahir. Saat mengalaminya, bayi akan sering rewel dengan tangisan yang tidak biasa. Segera cari tahu dan cepat atasi. Jika si bayi ruam popok, buka popoknya terus bersihkan, dan biarkan ia tanpa memakai popok, diangin-angin untuk sementara waktu.

Hidung yang mampet,  infeksi pada mata, demam pasca imunisasi dan pengecap yang berjamur sanggup diantisipasi dengan resep obat dari dokter. Sedangkan kolik yang umumnya tidak sanggup disembuhkan, sanggup diatasi dengan membuat si bayi nyaman, diayun-ayun, disusui, atau diusap-usap pada perutnya.

Orang-orang di sekitar bayi.
Bayi memang sangat menggemaskan, akan tetapi perlakukanlah ia dengan sewajarnya. Apabila terlalu banyak orang yang menggendong dan mengajak bercanda, kalau sedikit-sedikit pakaiannya diganti, sedikit-sedikit diberi makan, atau kalau ayah dan ibu bereaksi berlebihan terhadap tangisannya, si bayi sanggup stres juga. Selain itu, perasaan bayi yang halus membuatnya sanggup “menangkap”  suasana hati ibu sebagai orang terdekatnya. Ketika verbal ibu buruk akhir kelelahan,si bayi sanggup mengetahui dan ia pun juga akan ikut-ikutan rewel. Jadi, jagalah selalu suasana hati anda di akrab bayi. Kalau perlu istirahat, serahkan bayi pada pengasuh lainnya di rumah.

Itulah ulasan mengenai Cara Perawatan Pada Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar
Buat lebih berguna, kongsi:
close