Kode Iklan Disini

Makin Arif - Soal Latihan Usbn Ips Kurikulum 2013

Tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan tetap menerapkan ujian nasional (UN), sekaligus meningkatkan mutu ujian sekolah dengan menggantinya menjadi ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Adapun Mata pelajaran yang masuk kelompok USBN untuk Sekolah Menengah Pertama yakni Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.


Dalam rangka memperisapkan diri menghadapi pelaksanaan USBN Sekolah Menengah Pertama tahun 2018 ini ada baiknya Kamu mengenal Soal Latihan USBN IPS Sekolah Menengah Pertama 2018 dan Kisi-kisi USBN IPS Sekolah Menengah Pertama 2018. Pada kesempatan ini admin membagian teladan Latihan Soal USBN IPS 2018 untuk Sekolah yang menggunkan Kurikulum 2013  Contoh ini hanya dipakai sekedar untuk  latihan diri serta mencoba kemampuan diri.

Berikut ini teladan Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018 2018 2019 2020 2021 2022


Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018



Berikut Lanjutan teladan Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018 2018 2019 2020 2021 2022
Terima kasih sudah membaca info Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018
19 2020 2021 2022

Berikut ini contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013

1. Selain Indonesia, Negara yang mempunyai kekayaan hutan terbesar di dunia adalah
a. Brazil dan Australia
b. Brazil dan Bangladesh
c. Brazil dan Zaeire
d. Brazil dan Colombia


2. Tari Pendet berasal dari daerah

a. Bali
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Sulawesi Tenggara

3. Negara yang pendapatan nasional per kapita-nya tinggi dikategorikan sebagai negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. berkembang
d. gagal

4. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut juga dengan istilah negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. industri
d. gagal

5.  Negara  maju  yang  sumber  daya  alamnya  terbatas  tetapi  sumber  daya manusianya berkualitas adalah.
a.  Amerika Serikat            c. Jerman
b.  Australia                         d. Jepang

Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013

6. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju yakni ... .
a. Jepang dan Indonesia
b. India dan Pakistan
c. Cina dan Malaysia
d. Jepang dan Korea Selatan

7. Salah satu ciri utama acara ekonomi negara-negara maju yakni adanya komersialisasi bi-dang pertanian. Yang  bukan  merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian yakni ... .
a. ekspor
b. penggunaan bibit unggul
c. industri pertanian
d. mengisi lahan yang kosong

8.  Indonesia menyediakan jalur pelayaran internasional untuk dilewati kapal-kapal maritim dari negara lain, yaitu.
a.  Selat Sunda                  c. Selat Malaka
b.  Selat Bali             d. Jawaban a,b, dan c benar

9. Dalam bidang kependudukan, yang sanggup dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara yakni ... .
a. penduduknya padat di wilayah pedesaan
b. pendapatan per kapita tinggi
c. tingkat pengangguran tinggi
d. tingkat buta aksara tinggi

10. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai negara industri gres yakni ... .
a. Indonesia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura

Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019

11.  Berdasarkan  ciri  atau  karakteristiknya,  negara  berikut  tidak  tergolong negara maju, yaitu.
a.  Australia              c. Kanada
b.  Perancis              d. India


12. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang pertanian yakni ... .
a. berorientasi ekspor
b. sudah memakai mesinisasi
c. padat karya
d. padat modal

13. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar pen-duduk negara maju mempunyai tenaga kerja ... .
a. terdidik
b. tidak terdidik
c. terlatih
d. terdidik dan terlatih

14. Angka tamat hidup bayi di negara berkembang dan negara kurang berilmu yakni ... .
a. rendah
b. tinggi
c. sedang
d. rendah sekali

15. Perang Pasifik yang menjadi bab dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan kejadian ... .
a. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina
b. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
c. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
d. penyerangan Jepang atas pangkalan Ang-katan Laut Amerika Serikat.

Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019

16. Semangat chauvinistis  yang digencarkan Jerman mempunyai pengertian ... .
a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
b. pinjaman negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara

17.  Kebijaksanaan  kependudukan  yang  sering  ditempuh  oleh  negara-negara berkembang pada umumnya yakni ….
a.  menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b.  melaksanakan urbanisasi
c.  menghapus kemelaratan
d.  pembangunan di segala bidang


18. Pandangan Jerman dan Italia yang membang-gakan kekuatan militernya disebut ... .
a. fasisme
b. irredente
c. keamanan bagi suatu negara
d. merkantilisme

19.  Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah....
a.  memajukan perusahaan daerah
b.  memperlihatkan kredit lunak untuk para pengusaha pribumi
c.  melindungi  pengusaha  pribumi  dari  persaingan  dengan  pengusaha nonpribumi
d. memperlihatkan akomodasi bea ekspor bagi pengusaha non pribumi

20. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 yakni ... .
a. demiliterisasi angkatan perang Jerman
b. penyerahan Pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
c. mengadili semua tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
d. pengawasan Italia oleh pasukan Amerika Serikat

Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019

21. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang Dunia II antara lain ... .
a. Jerman, Italia, Belgia
b. Italia, Jerman, Inggris
c. Jerman, Italia, Jepang
d. Jerman, Prancis, Inggris

22. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanji-an San Fransisco 1952 antara lain ... .
a. Jepang harus membayar biaya perang kepada Sekutu
b. Jepang harus memperlihatkan kemerdekaan kepada semua bekas wilayah jajahannya
c. mengadili semua penjahat perang
d. Jepang harus memperbaiki kerusakan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat

23. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I ketika pendudukan Jepang antara lain ... .
a. Jawa dan Madura
b. Sumatera dan Jawa
c. Kalimantan dan Sulawesi
d. Sumatera dan Kalimantan

24. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia yakni ... .
a. seinendan
b. keibodan
c. gakutokai
d. jawa hokokai

25.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1).  perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk
2).  adanya pertumbuhan penduduk
3).  adanya perbedaan kondisi antarwilayah
4).  penyebaran penduduk yang tidak merata
5).  kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan
Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber duduk perkara kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah….
a.  1)          c. 3) dan 4)
b.  2)          d. 4) dan 5)

Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019

26. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
a. Ir. Soekarno
c. K.H. Mas Mansyur
b. Syahrir
d. Mr. Syamsudin

27. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda mengalah kepada Jepang di ... .
a. Karawang             b. Kalijati
c. Tuntang                d. Tasikmalaya
29. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menye-rang Pearl Harbour di Hawaii, sebuah pangkal-an maritim milik negara ... .
a. Inggris                   b. Belanda
c. Amerika Serikat    d. Jerman

30. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak mengun-tungkan, maka organisasi tersebut oleh Jepangdibubarkan. Sebagai gantinya dibuat organisasi ... .
a. Putera         b. Parindra
c. MIAI             d. Masyumi

31. Salah satu organisasi keagamaan yang dibi-arkan berkembang oleh Jepang yakni ... .
a. MIAI             b. Muhamadiyah
c. Masyumi     d. Nahdlatul Ulama

32.  Perhatikan pernyataan berikut!
1).  Diperkenalkan oleh Menteri Perekonomian Iskaq Cokroadisuryo pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I tahun 1954
2).  Bentuk kolaborasi ekonomi antara pengusaha pribumi dan nonpribumi.
3).  Menekankan pada kebijakan Indonesianisasi yang mendorong tumbuh dan berkembangnya pengusaha-pengusaha swasta nasional pribumi.
Sistem ekonomi yang sesuai dengan pernyataan tersebut, ialah ....
a.  sistem ekonomi Gerakan Benteng
b.  sistem ekonomi Rencana Soemitro
c.  sistem ekonomi Ali-Baba
d. system ekonimi Gunting Syafrudin


33. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melaksanakan seni administrasi kooperasi dengan pemrintah Jepang, kecuali  ... .
a. Ir. Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Mr. Achmad Subarjo

34. Tujuan Jepang membentuk  Seinendan yakni ... .
a. melatih para cowok semoga sanggup memper-tahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
b. melatih para cowok semoga berilmu meng-olah kekayaan alam
c. melatih para cowok semoga jago menggu-nakan senjata
d. melatih para cowok untuk berperang

35.  Perhatikan beberapa perguruan tinggi tinggi berikut!
1).  Universitas Gadjah Mada
2).  Universitas Andalas
3).  Universitas Padjajaran
4).  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
5).  Universitas Nasrani Indonesia
6).  Akademi Pelayaran
Dari  beberapa  perguruan  tinggi  di  atas,  perguruan  tinggi  yang  didirikan
pada masa awal kemerdekaan yakni ….
a.  (1)
b.  (2)
c.  (3) dan (4)
d.  (5) dan (6)

Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019

II. Jawablah Pertanyaan di bawah ini
1.  Mengapa  Indonesia  sampai  saat  ini  belum  dikelompokkan  sebagai  salah satu  negara maju di dunia?
2.  Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju.
3.  Jelaskan  kondisi  hubungan  Indonesia  dengan  salah  satu  negara  maju  di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!
4.  Apa  hubungan  antara  Dekrit  Presiden  1959  dengan  berakhirnya  masa Demokrasi Liberal?

5.  Mengapa perjuangan inventarisasi, dokumentasi, dan penelitian warisan budaya nasional perlu dilakukan?

= Baca Juga =







Buat lebih berguna, kongsi:
close