Kode Iklan Disini

Invitation; Giving, Accepting And Declining: Penjelasan, Pola Obrolan Dan Latihan Soal Lengkap

Invitation; Giving, Accepting and Declining: Penjelasan, Contoh Dialog dan Latihan Soal Lengkap


Hello guys, let me begin with some simple questions.
Apakah kau punya hari special dalam hidupmu?
Bagaimana kau biasanya merayakan atau memperingatinya?
Pernahkah kalian menyebarkan moment atau kebahagiaan dengan teman-temanmu? atau paling tidak dengan satu orang sahabat terdekatmu?



Yup, niscaya kebanyakan orang pernah merayakan moment special dalam hidupnya, ibarat mengajak satu atau beberapa teman-temannya untuk paling tidak makan bersama merayakan sebuah moment menyenangkan.

Semua orang niscaya pernah mengalami ketika dimana kita ingin mengajak atau mengundang orang lain untuk merayakan sesuatu, makan bersama, menonton, pergi ke suatu kawasan bersama, atau melaksanakan beberapa jenis kegiatan yang sanggup dilakukan bersama.

Materi kita hari ini akan membahas perihal penggunaan ungkapan-ungkapan yang paling umum dipakai dalam Bahasa Inggris pada ketika kita ingin mengudang seseorang (giving invitation), mendapatkan seruan (accepting invitation), dan menolak seruan (declining invitation).


 let me begin with some simple questions Invitation; Giving, Accepting and Declining: Penjelasan, Contoh Dialog dan Latihan Soal Lengkap



1. Giving Invitation (Memberikan undangan)

Ungkapan ini dipakai pada ketika kita ingin mengajak orang lain untuk tiba ke sebuah kawasan atau program ibarat pesta ulang tahun, program makan bersama, sebuah perayaan, dsb.
contoh:

Would you like to come to . . . . . . . . . . (sebutkan nama acaranya)
Maukah kau tiba ke . . . . . . . . . . . .

Would you like to come to my graduation party?
Maukah kau tiba ke pesta kelulusanku? 

Will you come to . . . . . . . . . (sebutkan nama acaranya)
Maukah kau tiba / hadir ke . . . . . . . . . . 

Could you come to . . . . . . . . . . . (sebutkan nama acaranya)
Bisakah kau datang/ hadir ke . . . . . . . . . 

Would you . . . . . . . + [verb 1]
Maukah kau . . . tambahkan kata kerja. 

Would you see the concert with me?
Maukah kau menonton konser dengan ku?

Do you like to come?
Apakah kau mau datang?

Would you care to . . . . . . . . + [verb 1]
Would you care to join us for jogging tomorrow?
Maukah kau bergabung bersama kita untuk lari besok?

I'd be delighted if you . . . . . . . . (sebutkan nama acaranya)
Saya akan merasa senang bila kau . . . . . . . 

I was wondering if you'd like to . . . . . . . . . . (sebutkan nama acaranya)
Saya ingin tau apakah kau bersedia untuk . . . . . . . . . .


2. Accepting Invitation (Menerima undangan)

Ungkapan ini dipakai pada ketika kita merespon sebuah seruan dan kita mendapatkan seruan tersebut, yang  artinya kita bersedia tiba atau hadir ke program tersebut.
Contoh:

Yes, I'd love to.
(Ya, saya bersedia)

I would, thank you.
(Saya akan datang, terima kasih)

With pleasure.
(dengan senang hati)

That would be very nice.
(Itu akan menyenangkan)

Sure, I will come.
(Tentu, saya akan datang)

That's very kind of you.
(Kamu baik sekali)

Thank you for inviting me.
(Terima kasih telah mengundangku)

Ok, I'll be there.
(Ok, saya akan berada di sana/ saya akan datang)


3. Declining Invitation (Menolak undangan)

Ungkapan ini dipakai pada ketika kita menolak sebuah undangan, yang artinya bahwa kita tidak sanggup hadir ke program tersebut.
Pada ketika kita menolak sebuah undangan, akan lebih sopan apabila kita menawarkan alasannya.
contoh:

If you don't mind, I'd rather not.
(Kalau kau tidak keberatan, saya bekerjsama tidak sanggup hadir)

Thank you but I'm afraid . . . . . . . . . (sebutkan alasannya)
(Terima kasih tapi saya khawatir . . . . . . )

I'd love to, but I have another appointment.
(Saya bersedia datang, tapi saya punya kesepakatan yang lain)

I'm sorry but I can't
(Maaf, tapi saya tidak bisa)

I'm afraid I can't, I've already got an appointment.
(Saya khawatir saya tidak bisa, Saya sudah punya janji)

I wish I could, but . . . . . . . . . (sebutkan alasannya)
(Saya harap saya bisa, tapi . . . . . . . . . . . )

Sorry, maybe next time.
(Maaf, mungkin lain kali)

Thank you for inviting me, but . . . . . . . . . (sebutkan alasannya)
(Terima kasih telah mengudangku, tapi . . . . . . . . . )

I'm very sorry, I don't think I can go.
(Saya benar-benar minta maaf, saya pikir saya tidak sanggup pergi)


Contoh dialog

Dialog 1

Steve: Hi Jen, glad to see here, I've been looking for you.
Jenny: What's wrong?
Steve: Nothing, I was wondering if you'd like to accompany me to the cinema this afternoon?
Jenny: Yes, that would be very nice. I am free anyway.
Steve: Great!

Terjemah obrolan 1
Steve: Hai Jen, senang melihatmu di sini, saya sudah mencari mu dari tadi.
Jenny: ada apa?
Steve: tidak ada, saya hanya ingin tau apakah kau mau menemaniku ke bioskop sore ini?
Jenny: Ya, itu akan menyenangkan. lagipula saya sedang bebas.
Steve: Bagus!


Dialog 2

Ivan: I'm going to go camping this weekend with my friends, would you like to come with us?
Carlos: I'd love to, but I have another appointment. I will go out of town with my family.
Ivan: Okay, I understand.

Terjemah obrolan 2
Ivan: saya akan pergi berkemah simpulan pekan ini dengan teman-temanku, maukah kau ikut dengan kami?
Carlos: saya mau, tapi saya sudah punya kesepakatan lain. saya akan pergi ke luar kota bersama keluargaku.
Ivan: ok, saya mengerti.


Dialog 3

Oscar: I won speech contest two days ago. I want to share my happiness with my closest friends, I will have a celebration tomorrow in my house. Do you like to come?
Dimas: Sure, I will come. May I come with my brother?
Oscar: Why not, just bring him.
Dimas: Thank you.

Terjemah obrolan 3
Oscar: saya menang lomba pidato 2 hari yang lalu. Aku ingin menyebarkan kebahagiaanku dengan teman-teman terdekatku, Aku akan merayakannya besok di rumah ku. Apakah kau mau datang?
Dimas: Tentu, saya akan datang. Boleh saya mengajak adikku?
Oscar: kenapa tidak, ajak saja dia.
Dimas: Terima kasih.


Exercise!

Complete the dialogue below with appropriate expressions!
1. Gary: Could you come to my birthday party?
Patrick: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . but I have to finish my task.

2. Sandy: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . with me to watch an art exhibition?
William: Thank you for inviting me.

3. Erick: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . watch the concert with us?
Anggi: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . I'm excited about that.

4. Shane: Could you come with me to canteen? I would like to treat you a lunch.
Daniel: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . I was just from there with Nia.

5. Nikki: I'd be delighted if you accompany me to the museum after school.
Bella: Yes, I'd love to.
From the dialogue above we can conclude that Bella . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

6. Sofia: Why you didn't come to my party?
Adit: I'm so sorry, I had to take care of my little brother, he had fever.
From the dialogue above we can conclude that Adit . . . . . . . . . . . . . . . . . .

7. Jerry: I've invited all of our classmates to barbeque party next Saturday. Will you come?
Tommy: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . but I maybe late.

8. Fania: I didn't remember I saw you there in my party.
Bobby: What? didn't you realize when I waved my hand to you?
Did Bobby come to Fania's party?

9. Translate into English!
Kim: Saya akan merasa senang bila kau sanggup hadir ke program makan malam malam ini di restoran Orange steak culture.
Joe: Terima kasih atas undangannya, saya akan datang.

10. Translate into English!
Rachel: Bisakah kau hadir ke program kelulusanku?
Tiffany: Aku harap saya bisa, tapi saya punya janji.


 Baca jugaFORMAL INVITATION: PENJELASAN DAN CONTOH SEDERHANA



Buat lebih berguna, kongsi:
close