Kode Iklan Disini

Pintar Bahasa Inggris Pemerintah Kurang Tegas Menempatkan Bahasa Inggris Di Sd


Bahasa Inggris di SD tidak kunjung ada titik kejelasan. Bahasa Inggris di SD mirip menjadi semacam kelinci percobaan. Betapa tidak, hingga kini ini lepas tanpa arah yang jelas. Ya memang bagus, memang patut diacungi jempol sebab Pemerintah menganjurkan adanya pelajaran Bahasa Inggris di SD meskipun hanya sebagai mulok(Muatan Lokal). Muatan Lokal bukan berarti pelajaran yang tidak penting. Muatan lokal juga termasuk pelajaran penting dan harus mendapat perhatian yang serius. Karena sesuatu yang tidak kita lakukan dengan keseriusan jadinya juga akan mengecewakan.


Bahasa Inggris di SD tidak kunjung ada titik kejelasan Pintar Bahasa Inggris Pemerintah kurang tegas menempatkan Bahasa Inggris di SD
Let's change our children to be better in the future. A picture was copied from :http://saveindonesianchildren.wordpress.com


Anjuran yaitu baik dan sangat kita dukung akan tetapi bila hanya sebatas anjuran, rekomendasi, himbauan tanpa adanya keseriusan maka tidak akan ada artinya. Bahasa Inggris di SD memerlukan aturan dan kebijakan yang jelas. Bahasa Inggris di SD memerlukan payung aturan yang jelas. Meskipun hanya sebagai mulok namun tetap saja kita seharusnya menawarkan yang terbaik demi mencapai tujuan pengajaran mulok tersebut.

Bahasa Inggris di SD memerlukan seperangkat kurikulum dan pedoman yang terang semoga sanggup dijadikan teladan yang standar bagi seluruh SD di tanah air. Bahasa Inggris di SD memerlukan pengajar yang sanggup dipertanggung jawabkan. Guru Agama mengajar Agama, Guru kelas mengajar kelas, Guru Olah raga mengajar Olah raga, dan Guru Bahasa Inggris juga mengajar Bahasa Inggris. Memang betul Bahasa Inggris yaitu Mulok akan tetapi pelajaran mulok juga memerlukan seorang yang betul betul menguasai bidang mulok tersebut.

Jika memang pemerintah sudah berani menganjurkan dan merekomendasikan adanya mulok Bahasa Inggris di SD berkaitan dengan tuntutan kemajuan zaman maka konsekuensi logisnya yaitu adanya follow up berupa adanya kurikulum dan pedoman yang jelas, tenaga pengajar yang terang dan kebijakan serta aturan yang jelas.

Berapa banyak guru Bahasa Inggris di SD yang terkatung katung nasibnya sebab tidak ada kejelasan dari pemerintah. Sampai kini belum ada kejelasan akan dikemanakan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Akan lebih baik bila sama sekali tidak ada mulok Bahasa Inggris di SD sebab yang ada kini ini antara ada dan tiada. Ada sebab faktanya diajarkan di Sekolah dasar. Tidak ada sebab faktanya tanpa arah yang jelas. Sebaliknya bila memang Bahasa Inggris di SD memang disarankan maka pemerintah perlu menawarkan arah yang terang terutama kurikulum dan pedoman yang standar serta tenaga pengajar yang jelas.

Apa yang saya singgung di atas yaitu fakta, fakta di lapangan banyak pihak yang dibentuk galau terutama guru Bahasa Inggris yang sudah terjun mengajar di Sekolah Dasar. Mau dibawa kemana Bahasa Inggris di Sekolah Dasar? Apakah hanya sebagai kelinci percobaan semata? Jika memang tidak ada kejelasan sebaiknya sama sekali tidak perlu di ajarkan di Sekolah dasar. Sesuatu yang tidak terang justru akan merusak dan tidak menawarkan hasil yang maksimal. Tentunya yang menjadi korban yaitu bawah umur generasi penerus bangsa. Bahasa Inggris kembali saja mirip dulu dimulai semenjak Sekolah lanjutan. 
Buat lebih berguna, kongsi:
close