Kode Iklan Disini

Pintar Bahasa Inggris Minimnya Aktivitas Pembinaan Dan Workshop Bahasa Inggris Di Sd


Bicara mengenai fakta, Bahasa Inggris di SD sudah menjamur di hampir seluruh tanah air. Bahasa Inggris di zaman kini menjadi suatu tuntutan. Di satu sisi kita membutuhkannya di sisi lainnya kita mengabaikannya. Kenapa demikian? Ada usulan di satuan pendidikan dasar mengajarkan Bahasa Inggris akan tetapi Bahasa Inggris sanggup kita katakan amburadul. Bahasa Inggris di SD menjadi semacam kelinci percobaan. Tanpa persiapan dan planning yang matang dengan serta merta mengharuskan sekolah dasar mengajarkan Bahasa Inggris. kita lihat saja kenyataan di lapangan hingga dengan kini Bahasa Inggris di tingkat SD sebagai konsumsi yang penting tetapi juga dikesampingkan. Istilahnya kita butuh tapi seolah-olah tidak membutuhkannya. Agak munafik memang. Ironis memang posisi Bahasa Inggris di SD dianak tirikan.

Sangat jarang sekali ada semacam pelatihan, sosialisasi dan workshop terkait dengan pengembangan Bahasa Inggris di SD. Padahal kita tah bahwa pengajar Bahasa Inggris di SD memerlukan bimbingan, pembinaan dan pengembangan diri mengingat Bahasa Inggris di SD masih gres dan dengan adanya semacam acara pemberdayaan tenaga pengajar Bahasa Inggris di SD akan sangat membantu guru. Namun apa yang kita rasakan hingga kini ini sepi tidak ada pembinaan atas inisiatif dari pemerintah kaitannya dengan pembekalan diri bagi guru yang mengajar Bahasa Inggris di SD. Jika memang Bahasa Inggris sudah dianjurkan untuk diajarkan maka seharusnya dari pemerintah memperlihatkan pembinaan dan worshop untuk peningkatan kompetensi guru Bahasa Inggris di SD dengan melalui dinas di tingkat kabupaten.

Guru pengampu Bahasa Inggris di SD sebagian masih diajarkan guru non Bahasa Inggris. Dan dengan adanya semacam acara dan pembinaan atau workshop berkaitan dengan pengembangan kompetensi guru sanggup membekali mereka di dalam mengajarkan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Tidak hanya bagi guru non Bahasa Inggris saja akan tetapi guru yang mempunyai background Bahasa Inggris juga akan sangat merespos positif dengan adanya inisiatif dari pemerintah untuk memperlihatkan pembekalan dan pelatihan. Dengan adanya acara pemberdayaan tersebut paling tidak minimal guru sanggup memperlihatkan pengajaran Bahasa Inggris di SD dengan baik dan sanggup dipertanggungjawabkan.

Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar membutuhkan sosok guru yang benar-benar sanggup memperlihatkan gambaran positif anak terhadap Bahasa Inggris. Karena Bahasa Inggris masih dasar dan pengenalan di SD dan menjadi pondasi bagi siswa untuk pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama maka mereka perlu diberi pengetahuan, keterampilan Bahasa Inggris dasar yang lumayan anak. Ketika seorang guru pengampu Bahasa Inggris di SD mengajarkan Bahasa Inggris tanpa mempunyai tujuan yang jelas, dan dilakukan seadanya hanya memenuhi tuntutan maka akan sangat berkibat pada interest anak pada Bahasa Inggris di kemudian hari. Memperkenalkan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan sanggup diterima anak akan memperlihatkan gambaran dan image positif bagi anak sehingga akan tertanam kecintaan terhadap Bahasa Inggris dan ini menjadi modal dasar Bagi anak untuk pendidikannya yang lebih kompleks di SMP/SLTP/MTs.

Dengan adanya pelatihan, pembekalan dan sosialisasi dan sejenisnya akan sangat membantu guru pengampu Bahasa Inggris di sekolah dasar sehingga guru dalam hal ini sanggup memperlihatkan pengajaran yang sanggup dipertanggungjawabkan dan pada balasannya sanggup memperlihatkan aura dan image positif anak didik terhadap Bahasa Inggris. Sudah saatnya pemerintah memperlihatkan pendidikan yang berkualitas khususnya pendidikan Bahasa Inggris di sekolah dasar. Ini sanggup dilakukan dengan adanya , pembinaan dan sejenisnya di tingkat nasional secara berkesinambungan.
Buat lebih berguna, kongsi:
close