Kode Iklan Disini

Pintar Bahasa Inggris Berguru Bahasa Inggris Anak Sltp/Smp/Mts


Jika pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar lebih ditekankan pada pengenalan vocabulary, maka di Sekolah Menengah Pertama atau SLTP pengajaran Bahasa Inggris memakai pendekatan genre based learning atau lebih kepada jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris.  Anak berguru voacabulary, tenses, grammar social function, generic structure melalui suatu teks.

Jika pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar lebih ditekankan pada pengenalan Pintar Bahasa Inggris Belajar Bahasa Inggris anak SLTP/SMP/MTS
Bahasa Inggris untuk siswa SLTP
A picture from :  /search?q=procedure-text


Berikut yaitu genre texts yang umumnya  dipelajari untuk anak SLTP/MTs:
1.   Narrative
Social function : To amuse, entertain ad to deal with actual or vicarious experience in different ways; this kind of text deals with problematic events which lead to crisis or tuning point of some kind, which in turn finds a resolution.
Generic structure : Orientation – Evaluation – Complication – Resolution – Re-orientation.

2.   Description
Social function : to describe a particular person , place or thing.
Generic structure : Identification – Description.

3.   Recount
Social fuction : To retell events for the purpose of informing or entertaining.
Generic structure : Orientation – Events – Re-orientation

4.   Anecdote
Social function : To share with others an account of an unusual or amusing incident.
Generic structure : Abstract – orientation – crisis – reaction - coda

5.   Procedure
Social function : To describe how something is accomplished through a sequence of actions or steps.
Generic structure : Goal – materials – steps.

Di dalam mempelajari Bahasa Inggris melalui jenis teks umumnya mempunyai 4 tahapan (The four stages in the teaching-learning process) menyerupai berikut ini :
1.   Building knowledge of the field
Mengarahkan dan memperlihatkan siswa persiapan dan pengetahuan dasar sebelum lebih jauh mempelajari teks
Ø  Cultural context
Ø  Shared experience
Ø  Control relevant vocabulary
Ø  Grammatical patterns

2.   Modelling of text
Guru memperlihatkan pola teks
Ø  Cultural context
Ø  Social function
Ø  Schematic structure
Ø  Linguistic features

3.   Joint construction of text
Siswa bersama guru membuat teks
Ø  Schematic structure
Ø  Linguistic feature
Ø  Knowledge of the field

4.   Independence construction of text
Siswa secara berdikari membuat teks
Ø  Schematic structure
Ø  Linguistic feature
Ø  Knowledge of the field
Buat lebih berguna, kongsi:
close