Kode Iklan Disini

Makin Bakir - Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Berikut ini salah satu materi training Implementasi Kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh guru yang akan mengimplementasikan Kurikulum 2013, Dijadikannya sebagai salah satu model pembelajaran yang diharapkan sanggup diimplemntasikan dalam Kurikulum 2013, alasannya ialah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) betul-betul menuntut keaktifan siswa, sanggup memperlihatkan pengalaman eksklusif serta menuntut pembelajaran yang tidak terbatas hanya sebagai pengetahuan belaka. Apa semua materi pembelajaran memakai model Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL)? Tentunya tidak. Guru harus sanggup menentukan sesuai karakteristik materi model pembeljaran tersebut dan karakteristik materi yang akan diajarkan. Untuk memahami karakteristik Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) silahkan simak klarifikasi berikut yang dikutip dari buku training Implementasi Kurikulum 2013
=================================================




=================================================


A. Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Proyek ialah kiprah yang kompleks, berdasarkan tema yang menan tang, yang melibatkan siswa dalam mendesain, memecahkan masalah, mengambil keputusan, atau kegiatan investigasi; memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan dalam menghasilkan produk (Thomas, Mergendoller, and Michaelson, 1999).

Proyek terurai menjadi beberapa jenis. Stoller (2006) mengemukakan tiga jenis proyek berdasarkan sifat dan urutan kegiatannya, yaitu: (1) proyek terstruktur, ditentukan dan diatur oleh guru dalam hal topik, bahan, metodologi, dan presentasi; (2) proyek tidak terstruktur didefinisikan terutama oleh siswa sendiri; (3) proyek semi-terstruktur yang didefinisikan dan diatur sebagian oleh guru dan sebagian oleh siswa.

Memperluas pengertian di atas Stoller (2006), mendefinisikan Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai pembelajaran yang memakai Proyek sebagai media dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penekanan pembela -jaran terletak pada aktivitas-aktivitas siswa untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, hingga dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk yang dimaksud ialah hasil Proyek berupa barang atau jasa dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Melalui penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek, siswa akan berlatih merencanakan, melaksanakan kegiatan sesuai planning dan menampilkan atau melaporkan hasil kegiatan.

Bentuk acara proyek terdiri dari (1) Proyek produksi yang meli batkan penciptaan ibarat buletin, video, agenda radio, poster, laporan tertulis, esai, foto, surat-surat, buku panduan, brosur, menu  banquet, agenda perjalanan, dan sebagainya; (2) Proyek kinerja ibarat pementasan, presentasi lisan, pertunjukan teater, bazar masakan atau  fashion show ; (3) Proyek organisasi ibarat pembentukan klub, kelompok disku-si, atau program-mitra percakapan. Lebih lanjut, berdasarkan Fried-Booth (2002) ada dua jenis proyek yaitu (1) Proyek skala kecil atau sederhana yang hanya menghabiskan dua atau tiga pertemuan. Proyek ini hanya dilakukan di dalam kelas; (2) Proyek skala penuh yang membutuhkan kegiatan yang rumit di luar kelas untuk menyelesaikannya dengan rentang waktu lebih panjang.

Pengertian metode atau Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning = PBL) adalah metode pembelajaran yang memakai proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melaksanakan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan aneka macam bentuk hasil belajar.

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PBL) yang ialah model atau metode berguru yang memakai persoalan sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Pembelajaran Berbasis Proyekdirancang untuk dipakai pada permasalahan komplek yang diharapkan penerima didik dalam melaksanakan insvestigasi dan memahaminya.


Contoh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL)
 Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PBL), proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing penerima didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan aneka macam subjek (materi) dalam kurikulum. Pada ketika pertanyaan terjawab, secara eksklusif penerima didik sanggup melihat aneka macam elemen utama sekaligus aneka macam prinsip dalam sebuah disiplin yang sedang dikajinya. PjBLmerupakan pemeriksaan mendalam wacana sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan perjuangan penerima didik.


Mengingat bahwa masing-masing penerima didik mempunyai gaya berguru yang berbeda, maka Pembelajaran berbasis proyekmemberikan kesempatan kepada para penerima didik untuk menggali konten (materi) dengan memakai aneka macam cara yang bermakna bagi dirinya, dan melaksanakan eksperimen secara kolaboratif. Pembelajaran Berbasis Proyekmerupakan pemeriksaan mendalam wacana sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan perjuangan penerima didik.

Pembelajaran berbasis proyek dapat dikatakan sebagai operasionalisasi konsep “Pendidikan Berbasis Produksi” yang dikembangkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Menengah kejuruan sebagai institusi yang berfungsi untuk menyiapkan lulusan untuk bekerja di dunia perjuangan dan industri harus sanggup membekali penerima didiknya dengan “kompetensi terstandar” yang dibutuhkan untuk bekerja dibidang masing-masing. Dengan pembelajaran “berbasis produksi” penerima didik di Sekolah Menengah kejuruan diperkenalkan dengan suasana dan makna kerja yang bahu-membahu di dunia kerja. Dengan demikian model pembelajaran yang cocok untuk Sekolah Menengah kejuruan ialah pembelajaran berbasis proyek.

Pembelajaran Berbasis proyekmemiliki karakteristik sebagai berikut:
·          peserta didik membuat keputusan wacana sebuah kerangka kerja
·          adanya permasalahan atau tantangan yang diajukan kepada penerima didik
·          peserta didik mendesain proses untuk menentukan solusi atas permasalahan atau tantangan yang diajukan
·          peserta didik secara kolaboratif bertanggungjawab untuk mengakses dan mengelola informasi untuk memecahkan permasalahan
·          proses penilaian dijalankan secara kontinyu
·          peserta didik secara bersiklus melaksanakan refleksi atas acara yang sudah dijalankan
·          produk selesai acara berguru akan dievaluasi secara kualitatif, dan
·          situasi pembelajaran sangat toleran terhadap kesalahan dan perubahan.

Peran pelatih atau guru dalam Pembelajaran berbasis proyeksebaiknya sebagai fasilitator, pelatih, penasehat dan mediator untuk mendapat hasil yang optimal sesuai dengan daya imajinasi, kreasi dan penemuan dari siswa. Adapun beberapa kendala dalam implementasi metode Pembelajaran Berbasis Proyek antara lain berikut ini.
·          Pembelajaran berbasis proyek memerlukan banyak waktu yang harus disediakan untuk menuntaskan permasalahan yang komplek.
·          Banyak orang renta penerima didik yang merasa dirugikan, alasannya ialah menambah biaya untuk memasuki system baru.
·          Banyak pelatih merasa nyaman dengan kelas tradisional ,dimana pelatih memegang kiprah utama di kelas. Ini merupakan suatu transisi yang sulit, terutama bagi pelatih yang kurang atau tidak menguasai teknologi.
·          Banyaknya peralatan yang harus disediakan, sehingga kebutuhan listrik bertambah.



Untuk itu disarankan memakai team teaching dalam proses pembelajaran, dan akan lebih menarik lagi bila suasana ruang berguru tidak monoton, beberapa rujukan perubahan lay-out ruang kelas, seperti: traditional class (teori), discussion group (pembuatan konsep dan pembagian kiprah kelompok), lab tables (saat mengerjakan kiprah mandiri), circle (presentasi). Atau buatlah suasana berguru menyenangkan, bahkan ketika diskusi sanggup dilakukan di taman, artinya berguru tidak harus dilakukan di dalam ruang kelas.

Berdasarkan urian diatas sanggup disimpulan bahwa Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) ialah kegiatan pembelajaran yang memakai projek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivias penerima didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, hingga dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk yang dimaksud ialah hasil projek dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Pendekatan ini memperkenankan pesera didik untuk bekerja secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri maupun berkelompok dalam menghasilkan produk nyata.


B. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Kelebihan dan kekurangan pada penerapan Pembelajaran Berbasis Proyekdapat dijelaskan sebagai berikut.

1) Kelebihan  / Keuntungan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
  • Meningkatkan motivasi berguru penerima didik untuk belajar, mendorong kemampuan mereka untuk melaksanakan pekerjaan penting, dan mereka perlu untuk dihargai.
  • Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
  • Membuat penerima didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang kompleks.
  • Meningkatkan kolaborasi.
  • Mendorong penerima didik untuk berbagi dan mempraktikkan keterampilan komunikasi.
  • Meningkatkan keterampilan penerima didikdalam mengelola sumber.
  • Memberikan pengalaman kepada penerima didik pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi proyek, dan membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain ibarat perlengkapan untuk menuntaskan tugas.
  • Menyediakan pengalaman berguru yang melibatkan penerima didik secara kompleks dan dirancang untuk berkembang sesuai dunia nyata.
  • Melibatkan para penerima didik untuk berguru mengambil informasi dan memperlihatkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian diimplementasikan dengan dunia nyata.
  • Membuat suasana berguru menjadi menyenangkan, sehingga penerima didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran.


Meteri Membuat Laporan Pengamatan di Sekolah Menengah Pertama sanggup diterapkan dengan  Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL)

2. Kelemahan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
  • Memerlukan banyak waktu untuk menuntaskan masalah.
  • Membutuhkan biaya yang cukup banyak.
  • Banyak pelatih yang merasa nyaman dengan kelas tradisional, di mana pelatih memegang kiprah utama di kelas.
  • Banyaknya peralatan yang harus disediakan.
  • Peserta didik yang mempunyai kelemahan dalam percobaan dan pengumpulan informasi akan mengalami kesulitan.
  • Ada kemungkinanpeserta didikyang kurang aktif dalam kerja kelompok.
  • Ketika topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok berbeda, dikhawatirkan penerima didik tidak bisa memahami topik secara keseluruhan


Untuk mengatasi kelemahan dari pembelajaran berbasis proyek di atas seorang pendidik harus sanggup mengatasi dengan cara memfasilitasi penerima didik dalam menghadapi masalah, membatasi waktu penerima didik dalam menuntaskan proyek, meminimalis dan menyediakan peralatan yang sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar, menentukan lokasi penelitian yang gampang dijangkau sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan biaya, membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga pelatih dan penerima didik merasa nyaman dalam proses pembelajaran.

Meteri Membuat Naskah Peraturan sanggup diterapkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL)


Pembelajaran berbasis proyek ini juga menuntut siswa untuk berbagi keterampilan ibarat kerja sama dan refleksi. Menurut studi penelitian, Pembelajaran berbasis proyek membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka, sering mengakibatkan ketidakhadiran berkurang dan lebih sedikit persoalan disiplin di kelas. Siswa juga menjadi lebih percaya diri berbicara dengan kelompok orang, termasuk orang dewasa.

Pelajaran berbasis proyek juga meningkatkan antusiasme untuk belajar. Ketika belum dewasa bersemangat dan antusias wacana apa yang mereka pelajari, mereka sering mendapat lebih banyak terlibat dalam subjek dan kemudian memperluas minat mereka untuk mata pelajaran lainnya. Antusias penerima didik cenderung untuk mempertahankan apa yang mereka pelajari, bukan melupakannya secepat mereka telah lulus tes.

C. Prinsip-prinsip Pembelajaran pada Pembelajaran Berbasis Proyek
Prinsip-prinsip Pembelajaran Berbasis Proyek ialah sebagai berikut.
a.   Pembelajaran berpusat pada siswa yang memakai tugas-tugas proyek pada kehidupan kasatmata untuk memperkaya pembelajaran.
b.   Tugas Proyek menekankan pada kegiatan penyelesaian proyek berasarkan suatu tema atau topik yang telah ditentukan dalam pembelajaran.
c.   Tema atau topik yang dibelajarkan sanggup dikembangkan dari suatu kompetensi dasar tertentu atau adonan beberapa kompetensi dasar dalam suatu mata pelajaran, atau adonan beberapa kompetensi dasar antar mata pelajaran. Oleh alasannya ialah itu, kiprah proyek dalam satu semester dibolehkan hanya satu penugasan dalam suatu mata pelajaran.
d.   Penyelidikan atau eksperimen dilakukan secara otentik dan menghasilkan produk nyata. Produk tersebut selanjutnya dikomunikasikan untuk mendapat jawaban dan umpan balik untuk perbaikan produk.
e.   Pembelajaran dirancang dalam pertemuan tatap muka dan kiprah sanggup bangkit diatas kaki sendiri dalam fasilitasi dan monitoring oleh guru. Pertemuan tatap muka sanggup dilakukan di awal pada langkah penentuan proyek dan di selesai pembelajaran pada penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek, serta penilaian proses dan hasil proyek


D. Langkah langkah pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Langkah langkah pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek sanggup dijelaskan dengan diagram sebagai berikut.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) sebagai berikut.
1. Penentuan pertanyaan fundamental (Start With the Essential Question).
Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial, yaitu pertanyaan yang sanggup memberi penugasan penerima didik dalam melaksanakan suatu aktivitas. Mengambil topik yang sesuai dengan realitas dunia kasatmata dan dimulai dengan sebuah pemeriksaan mendalam. Pengajar berusaha semoga topik yang diangkat relevan untuk para penerima didik.

2) Mendesain perencanaan proyek (Design a Plan for the Project.
Perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara pengajar dan penerima didik. Dengan  emikian penerima didik diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek tersebut. Perencanaan berisi wacana hukum main, pemilihan acara yang sanggup mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial, dengan cara mengintegrasikan aneka macam subjek yang mungkin, serta  mengetahui alat dan materi yang sanggup diakses untuk membantu penyelesaian proyek.

3. Menyusun jadwal (Create a Schedule)
Pengajar dan penerima didik secara kolaboratif menyusun agenda acara dalam menuntaskan proyek. Aktivitas pada tahap ini antara lain: (1) membuat timeline untuk menuntaskan proyek, (2) membuat deadline penyelesaian proyek, (3) membawa penerima didik semoga merencanakan cara yang baru, (4) membimbing penerima didik ketika mereka membuat cara yang tidak bekerjasama dengan proyek, dan (5) meminta penerima didik untuk membuat klarifikasi (alasan) wacana pemilihan suatu cara.

4. Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
Pengajar bertanggungjawab untuk melaksanakan monitor terhadap acara penerima didik selama menuntaskan proyek. Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi penerima didik pada setiap roses. Dengan kata lain pengajar berperan menjadi mentor bagi acara penerima didik. Agar mempermudah proses monitoring, dibentuk sebuah rubrik yang sanggup merekam keseluruhan acara yang  penting.

5. Menguji hasil (Assess the Outcome)
Penilaian dilakukan untuk membantu pengajar dalam mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing penerima didik, memberi umpan balik wacana tingkat pemahaman yang sudah dicapai penerima didik, membantu pengajar dalam menyusun seni administrasi pembelajaran berikutnya.

6. Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)
Pada selesai proses pembelajaran, pengajar dan penerima didik melaksanakan refleksi terhadap acara dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Pada tahap ini penerima didik diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menuntaskan proyek. Pengajar dan penerima didik berbagi diskusi dalam rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran, sehingga pada kesudahannya ditemukan suatu temuan gres (new inquiry) untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran.

Tabel . Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Projek

Langkah-langkah
Deskripsi
Langkah -1
Penentuan projek

Guru bersama dengan penerima didik menentukan tema/topik projek
Langkah -2
Perancangan langkah-langkah penyelesaian projek
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek beserta pengelolaannya


Langkah -3
Penyusunan agenda pelaksanaan projek
Guru memperlihatkan pendampingan kepada penerima didik melaksanakan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya
Langkah -4
Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
Guru memfasilitasi dan memonitor  penerima didik dalam melaksanakan  rancangan projek yang telah dibuat
Langkah -5
Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil projek
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mempre-sentasikan dan mempublikasikan hasil karya
Langkah -6
Evaluasi proses dan hasil projek
Guru dan penerima didik pada selesai proses pembe-lajaran melaksanakan refleksi terhadap acara dan hasil kiprah projek


E. Tujuan Pembelajaran Berbasis Proyek
Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada siswa dalam kegiatan pemecahan persoalan terkait dengan Proyek dan tugas-tugas bermakna lainnya. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek sanggup memberi peluang pada siswa untuk bekerja, mengkonstruk kiprah yang diberikan guru yang pada puncaknya sanggup menghasilkan produk karya siswa.

Tujuan Pembelajaran Berbasis Proyek ialah sebagai berikut.
a. Memperoleh pengetahuan dan ketrampilan gres dalam pembelajaran;
b. Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan persoalan proyek;
c. Membuat siswa lebih aktif dalam memecahkan persoalan proyek yang kompleks dengan hasil produk kasatmata berupa barang atau jasa;
d. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan ssiwa dalam mengelola sumber/bahan/alat untuk menuntaskan tugas/proyek; dan
e.  Meningkatkan kerja sama siswa khususnya pada Pembelajaran Ber basis Proyek yang bersifat kelompok.

Pembelajaran Berbasis Proyek mempunyai kelebihan dalam hal: (1) meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, mendorong kemampuan mereka melaksanakan pekerjaan penting, (2) meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah, (3) mengakibatkan siswa lebih aktif dan berhasil memecahkan masalah-masalah yang kompleks, (4) meningkatkan kolaborasi, (5) mendorong siswa untuk berbagi dan mempraktikan keterampilan komunikasi, (6) memperlihatkan pengalaman kepada siswa dalam mengorganisasi suatu Proyek, menentukan alokasi waktu dan memanfaatkan sumber-sumber yang ada untuk menuntaskan tugas, dan  (7) menyediakan pengalaman berguru siswa mengambil informasi dan memperlihatkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian mengimplementasikannya di dunia nyata.

F. Peran guru dan penerima didik dalam pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Peran guru dan penerima didik dalam pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai berikut.
1) Peran Guru
Merencanakan dan mendesain pembelajaran.
Membuat seni administrasi pembelajaran.
Membayangkan interaksi yang akan terjadi antara guru dan siswa.
Mencari keunikan siswa.
Menilai siswa dengan cara transparan dan aneka macam macam penilaian.
Membuat portofolio pekerjaan siswa.

Meteri perakitan PC di Sekolah Menengah kejuruan sanggup diterapkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL)


2) Peran Peserta Didik
Menggunakan kemampuan bertanya dan berpikir.
Melakukan riset sederhana.
Mempelajari wangsit dan konsep baru.
Belajar mengatur waktu dengan baik.
Melakukan kegiatan berguru sendiri/kelompok.
Mengaplikasikanhasil berguru lewat tindakan.
Melakukan interaksi sosial (wawancara, survey, observasi, dll).


E. Sistem Penilaian dalam pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Penilaian pembelajaran dengan metoda Pembelajaran berbasis proyek harus diakukan secara menyeluruh terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Penilaian pembelajaran berbasis proyek sanggup memakai teknik penilaian yang dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu penilaian proyek atau penilaian produk. Penilaian tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut.

1) Penilaian Proyek
a) Pengertian Penilaian proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu kiprah yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu pemeriksaan semenjak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek sanggup dipakai untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan penerima didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.

Pada penilaian proyek setidaknya ada 4 (empat) hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

a.1) Pengelolaan
Kemampuan siswa dalam menentukan topik, mencari informasi, dan mengelola waktu pengumpulan data, serta penulisan laporan.

a.2) Relevansi
Topik, data, dan produk sesuai dengan KD.

a.3) Keaslian
Produk (misalnya laporan) yang dihasilkan siswa merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan bantuan guru berupa petunjuk dan pinjaman terhadap proyek siswa.

a.4) Inovasi dan kreativitas
Hasil proyek siswa terdapat unsur-unsur kebaruan dan menemukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. 


b. Teknik Penilaian Proyek
Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, hingga hasil selesai proyek. Untuk itu, guru perlu memutuskan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, ibarat penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis. Laporan kiprah atau hasil penelitian juga sanggup disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian sanggup memakai alat/ instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian.

Penilaian Proyek dilakukan mulai dari perencanaan , proses pengerjaan hingga dengan selesai proyek. Untuk itu perlu memperhatikan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai. Pelaksanaan penilaian sanggup juga memakai rating scale dan checklist.

2) Penilaian Produk
a) Pengertian Penilaian Produk
Penilaian produk ialah penilaian terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk. Penilaian produk mencakup penilaian kemampuan penerima didik membuat produk-produk teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam. Pengembangan produk mencakup 3 (tiga) tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu:
a.1) Tahap persiapan, meliputi: penilaian kemampuan penerima didik dan merencanakan, menggali, dan berbagi gagasan, dan mendesain produk.
a.2) Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan penerima didik dalam menyeleksi dan memakai bahan, alat, dan teknik.
a.3) Tahap penilaian produk (appraisal), meliputi: penilaian produk yang dihasilkan penerima didik sesuai kriteria yang ditetapkan.

b) Teknik Penilaian Produk
Penilaian produk biasanya memakai cara holistik atau analitik.
b.1) Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan pada tahap appraisal.
b.2) Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan.


Daftar Pustaka

Alexander, D. (2000). The learning that lies between play and academics in afterschool programs. National Institute on Out-of-School Time. Retrieved from http://www.niost.org/Publications/papers.

Admin.Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) [online]. Diakses di http://digilib.sunan-ampel.ac.id/files/disk1/151/hubptain-gdl-ellyikasus-7509-3-babii.pdf  (17 Oktober 2011).

Barron, B., & Darling-Hammond, L. (2008). Teaching for meaningful learning: A review of research on inquiry-based and cooperative learning. Retrieved from http://www.edutopia.org/pdfs/edutopia-teaching-for-meaningful-learning.pdf.

Buck Institute for Education. Introduction to Project Based Learning. [Online]. 

Daniel K. Schneider. 2005. Project-based learning. [Online]. Diakses dihttp://edutechwiki.unige.ch/en/Project-based_learning

Florin, Suzanne. 2010. The Success of Project Based Learning. [Online]. Diakses di http://www.brighthub.com/education/k-12/articles/90553.aspx 

Grant, M. (2009, April). Understanding projects in projectbased learning: A student’s perspective. Paper presented at Annual Meeting of the American Educational Research Association, San Diego, CA.

Lucas, George .(2005). Instructional Module Project Based Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Modul Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta:Kemdikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Modul Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta:Kemdikbud.

Markham, T. (2003). Project-Based Learning Handbook (2nd ed.). Novato, CA: Buck Institute for Education.

Research summary: Project-based learning in middle grades mathematics. Retrieved from http://www.nmsa.org/Research/ResearchSummaries.

ResearchSummaries/ProjectBasedLearninginMath/tabid/1570/Default.aspx.

Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20. Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 12–43.



= Baca Juga =



Buat lebih berguna, kongsi:
close